Monday, November 25, 2013

Hacker Proposal Dan Sigapnya Admin SMKN 3 Mataram

Sekitar jam 11.00 Wita siang tadi(19/11/2013), begitu membuka website smkn3mataram.sch.id    terpampang dilayar monitor tampilan background hitam dengan tulisan pertama yang muncul “hacked by Lombok Crew” yang mengatasnamakan perwakilan dari siswa  SMKN 3 Mataram. Apakah benar mewakili siswa ataukah tidak, ini menjadi tanda tanya besar.


Dalam  postingannya berbunyi “untuk guru2 SMKN 3 MATARAM kami sebagai perwakilan siswa SMKN 3 Mataram hanya ingin mengungkapkan perasaan kami & unek2 kami dikarenakan para Guru menunda2 pencairan proposal untuk kegiatan kami. Tolong dukung kami masa depan & ilmu kami”.

Hanya karena gara-gara proposal yang tidak di cairkan lantas website sekolah dijadikan korban? Bukankah itu merugikan keluarga besar dan alumni SMKN 3 Mataram yang ingin mengakses informasi di website sekolah? Kayaknya kurang tepat penggunaan ilmu yang dimiliki dengan mendeface website sekolah.

Memang ada positif dan negatifnya orang yang mengatasnamakan perwakilan siswa itu mendeface website sekolah. Dari segi positif, Admin sekolah semakin termotivasi untuk menjaga website sekolah agar jangan sampai terulang kembali di deface oleh orang yang tidak bertanggungjawab dan segi negatifnya, keluarga besar dan alumni SMKN 3 Mataram tidak dapat mengakses informasi dari website sekolah dan terkesan siswa(kalau pelakunya) tidak bisa menggunakan ilmu yang telah dituntut disekolah pada tempat yang semestinya.

Kalau memang proposa yang diajukan tidak cair, siswa bisa membuat proposal yang ditujukan ke instansi pemerintah atau keperusahaan yang ada di Nusa Tenggara Barat. Hal seperti ini juga pernah dilakukan oleh para alumni dan sekolah lain yang favorit juga seperti SMAN 1 Mataram juga kebanyakan dana yang didapat berasal dari proposal yang ditujukan ke instansi pemerintah dan perusahaan.

Semoga dengan kejadian ini jangan sampai terulang kembali mendeface website sekolah dan kalau mau yang lebih menantang silahkan mencoba mendeface website pak RT masing-masing.   Dan Alhamdulillah setelah diperbaiki selama 5 jam oleh admin Mr. Bayu Pandu Wibisono akhirnya website sekolah kembali normal seperti semula.:) .  Alfuad Gapuki

2 comments:

  1. syukurlah, eh, tapi serius pak 5 jam?? o.O
    kok lama bener pak, bukannya sudah jelas solusinya dari pesen yang ditinggalin "backup to index2.php", sy pikir itu butuh waktu gak lebih dari 5 menit klo koneksinya kyk di skolah... -_-

    ReplyDelete
  2. itu yg sy hitung sejak mulai mberitahukanx hingga bs pulih yg sy lihat. mgkn adminx memperbaiki website skulah itu sambil maen game bola kali.hehe

    ReplyDelete