Monday, March 10, 2014

Karya Siswa/i Bangunan , Membuat Bangku Beton Knockdown



Sekilas karya siswa yang satu ini terlihat biasa-biasa saja seperti tempat duduk(bangku di taman yang sering kita jumpai bila kita jalan santai di taman kota Mataram maupun di pinggir pantai Ampenan namun bila kita perhatikan secara seksama atau mencoba mengangkatnya maka akan terlihat potongan dari bangku baton tersebut yang bisa dibongkar pasang.


Pembuatan bangku beton tersebut bukan dibuat oleh guru tapi dibuat sendiri oleh siswa/I Jurusan Teknik Batu Beton(TKBB) di bengkel bangunan yang letaknya di sebelah selatan kantin atau sebelah timur gedung jurusan Teknik Konstruksi Kayu(TKK).

Karya siswa/I ini sangat layak di apresiasikan oleh pihak sekolah untuk dimanfaatkan sebagai pendukung keindahan taman sekolah agar ada nilai lebihnya buat sekolah dan bisa memotivasi siswa/I yang lain untuk lebih banyak menghasilkan karya.

Pembuatan bangku beton knockdown itu di kerjakan selama 2 hari oleh siswa selama jam praktikum kemudian dibiarkan selama satu pekan agar rekatan semakin kuat dan setelah sepekan barulah dilakukan pemasangan dengan menempatkan potongan tempat duduk ke tempat kaki penahannya sesuai tempat lubang yang sudah ditentukan. Setelah dipasang dengan benar kemudian di lakukan uji dengan cara menggerak-gerakkannya dan mendudukinya untuk mengetahui kestabilan dan kekuatan Bangku Beton Knockdown yang telah dibuat tadi. Kalau sudah dianggap baik barulah dilakukan pemasangan kramik pada tempat duduknya.

Adapun bahan yang digunakan dalam pembuatan Bangku Beton Knockdown ini adalah
1.besi tulang                2,5 lonjor
2.papan 400x2 cm       3 lbr
3.sement                      0,5 zak
4.pasir                          5 ember
5.krikil                         7 ember

Kalau ada yang mau mesan bisa langsung menghubungi ketua jurusan TKBB dan harta yang dipatok cukup murah hanya Rp.350.000, (tiga ratus lima puluh ribu rupiah). Anda berminat??? (Alfuad Gapuki)




neli 12 TGB

No comments:

Post a Comment