Monday, December 2, 2013

KEPEDULIAN GURU DAN SISWA MENGIKUTI DONOR DARAH


Dalam rangkaian menyambut HUT SMKN 3 Mataram yang ke-43 tahun 2013 ini, panitia melaksanakan acara donor darah yang dipusatkan di ruang bawah aula khususs buat keluarga besar SMKN 3 Mataram pada hari Rabu(27/11/2013) kemarin.


Acara donor darah ini di koordinir oleh Ibu Khumairo, S.Pd dengan anggotanya ibu Yulia Sofiana Arliandiani, S.Pd dan Bpk. Hafifudin Hamka, S.Pd dan dibantu juga dari ekskul PMR serta dari petugas PMI Mataram.  dalam mempersiapkan  acara donor darah ini panitia terlihat tidak banyak membutuhkan dana dan segala tetek bengeknya. Yang dibutuhkan hanyalah tempat, kursi dan meja buat petugas saja plus snackt bagi panitia.

Adapun tahapan yang dilakukan oleh seseorang yang mau mendonorkan darahnya adalah sebagai berikut:
1.mengisi data pendonor, lembar biodata pendonor  sudah disiapkan oleh pihak panitia tinggal di isi saja.
2.periksa cek darah, Tensi darah(tensi darah minimal 110 – 160) dan berat badan (minimal 45 Kg).
3.umur pendonor minimal 17 tahun
4.Transfungsi darah

Setelah semua syarat terpenuhi barulah pendonor di ambil darahnya oleh petugas yang berwenang dari PMI. Setiap 1 orang di ambil darah sebanyak 1 kantong dengan ukuran 350cc. pengambilan darah ini membutuhkan  waktu selama kurang lebih 5 menit. Ada baiknya memang pendonor mendonorkan darahnya tiap 3 bulan sekali dan biasanya orang yang sering mendonorkan darah kalau sudah memnuhi target yang ditentukan oleh PMI biasanya mendapatkan hadiah berupa emas yang diserahkan langsung oleh Presiden di istana negara.

Untuk acara donor darah ini, panitia mendapatkan 80 kantong darah yang didapat dari pendonor yang memenuhi kriteria  yang terdiri dari 64 siswa/I, 13 orang dari Bapak/Ibu guru, 1 dari Satpam dan 2 orang dari Alumni.

Mudah-mudahan dengan mendonor darah ini para pendonor mendapatkan balasan yang terbaik dari Alloh SWT. Aamiin. (Alfuad Gapuki)