Sunday, March 9, 2014

SRIKANDI PEMBERANI DI JURUSAN TEKNIK TENAGA LISTRIK (1)


Sudah tidak jamannya lagi wanita hanya bisa mempelajari ilmu memasak, menjahit dan kecantikan apalagi hanya berdiam diri di rumah seperti penjaga rumah, kini jamannya sudah berbeda dan orang-orangnya pun berbeda pula. Demikian pula pelajar yang ada di SMKN 3 Mataram sudah banyak kaum wanita yang masuk dan mengambil jurusan yang dulu didominasi oleh kaum pria.


Salah satunya yang dijurusan Teknik Tenaga Listrik, jurusan ini spesialis mempelajari tentang instalasi listrik, perbaikan alat-alat kelistrikan, motor-listrik, pemrograman logic controller(PLC) dan lain sebagainya. Dulu di jurusan ini didominasi oleh kaum pria namun mulai sekitar tahun 90-an sudah ada kaum wanita yang masuk di jurusan listrik dan sekarang malah tiap tahun peminatnya dari kaum wanita tetap ada.

Kalau ada yang mengatakan jurusan listrik itu berbahaya karena bila kesetrum(kontak) dengan jaringan listrik 220V bisa mengakibatkan kematian maka ungkapan itu jangan ditelan mentah-mentah sebab segala sesuatu kalau kita bekerja tidak memperhatikan standard keselamatan akan mengakibatkan kecelakaan.  Dalam riwayat keberadaan jurusan listrik sejak mulai berdiri tahun 1976 sampai sekarang ini, Alhamdulillah belum pernah ada guru atau siswa/I yang mengalami kecelakaan selama proses belajar mengajar maupun dalam praktikum.

Keberadaan siswi yang mengambil jurusan listrik ini cendrung menunjukkan prestasi yang baik dari tahun ke tahun dan malah melebihi dari prestasi dari  siswa sendiri. Ini bukan karena ada bantuan dari guru tapi murni karena prestasi siswi sendiri baik dalam pelajaran teori maupun dalam praktik di laboratorium. Mereka disamakan dalam hal proses belajar maupun dalam proses praktikum baik yang siswa maupun yang siswi. Tidak ada yang namanya pilih kasih di jurusan listrik hingga sekarang ini.(Alfuad Gapuki)
pak Ajar n pak bukhori lg ngawas siswa

Mr. Taufik

 

No comments:

Post a Comment